Tautan-tautan Akses

AS

China Sumber Utama Kristal Meth yang Masuk AS


Badan pemberantasan narkoba AS (DEA) menyita beberapa kilogram meth yang diselundupkan dari Meksiko, di kota St. Louis (foto: dok).

Badan pemberantasan narkoba AS (DEA) menyita beberapa kilogram meth yang diselundupkan dari Meksiko, di kota St. Louis (foto: dok).

Sekitar 80 persen bahan kimia untuk meth atau sabu-sabu yang diproduksi kartel Meksiko dan diselundupkan ke Amerika diduga berasal dari China.

China telah menjadi sumber utama methamphetamine yang masuk ke Amerika dari Meksiko, demikian kata sebuah komite kongres.

“Sementara kartel Meksiko memproduksi mayoritas meth yang dipergunakan di Amerika, sekitar 80 persen bahan kimia untuk meth ini berasal dari China,” kata laporan yang diterbitkan Senin itu. Laporan ini disusun oleh US China Economic and Security Review Commission, sebuah badan yang diberi mandat oleh Kongres untuk memantau dan menyelidiki isu-isu keamanan nasional dan perdagangan antara kedua negara.

“Bahan kimianya semakin banyak dikapalkan dari China ke Meksiko dan Amerika Tengah, dimana kemudian diproduksi menjadi meth, dan ditranspor melintasi perbatasan selatan Amerika, serta dibawa ke Texas, Arizona, dan Kalifornia, sebelum disebarkan ke seluruh negara,” kata laporan itu.

Laporan itu merekomendasikan agar Kongres mempertimbangkan langkah-langkah untuk meyakinkan China untuk memodifikasi produksi dan ekspor bahan kimia, serta mendesak pemerintah Amerika agar mempererat kerja sama dengan China atas isu-isu pengendalian narkoba. [jm]

XS
SM
MD
LG