Tautan-tautan Akses

China Selidiki Hampir 37.000 Pejabat Yang Dicurigai Terlibat Korupsi


Ketua Partai Komunis Xi Jinping

Ketua Partai Komunis Xi Jinping

Jaksa tinggi China mengatakan pada bulan Oktober bahwa 200.000 orang telah diperiksa atas tuduhan terlibat korupsi, pemalsuan dan penyogokan antara tahun 2008 sampai 2013.

Pemerintah China telah menyelidiki hampir 37.000 pejabat yang dicurigai terlibat 27.000 kasus korupsi antara bulan Januari dan November tahun lalu, kata pers resmi China.

Hampir separuh dari kasus-kasus korupsi itu mengakibatkan kerugian sebesar hampir satu milyar dollar, kata laporan kantor berita Xinhua.

Jaksa tinggi China, Cao Jianming mengatakan pada sidang Kongres Rakyat China bulan Oktober lalu bahwa 200.000 orang telah diperiksa atas tuduhan terlibat korupsi, pemalsuan dan penyogokan antara tahun 2008 sampai 2013.

Ketua partai komunis Xi Jinping telah menarik garis keras untuk melawan korupsi sejak memegang jabatan satu tahun yang lalu. Ia memperingatkan bahwa korupsi bisa menghancurkan partai itu.

Xi Jinping mengancam akan menumpas pejabat tinggi yang korupsi, yang disebutnya sebagai “macan” sampai pejabat bawahan yang digambarkannya sebagai “lalat’.

Xi Jinping juga telah menjalankan program penghematan dan membatasi pesta-pesta mewah dan pemberian hadiah-hadiah kepada para pejabat pemerintah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG