Tautan-tautan Akses

China Segera Adili 6 Penyelidik Terkait Penyiksaan Tersangka Korupsi


Yu Qiyi, berpose di depan sebuah pameran di sebuah hotel di Beijing, 2 September 2012 (Foto: dok). Yu Qiyi dilaporkan tewas setelah dianiaya para penyelidik yang berusaha memaksanya mengaku korupsi.

Yu Qiyi, berpose di depan sebuah pameran di sebuah hotel di Beijing, 2 September 2012 (Foto: dok). Yu Qiyi dilaporkan tewas setelah dianiaya para penyelidik yang berusaha memaksanya mengaku korupsi.

Media pemerintah China mengatakan enam orang penyelidik korupsi Partai Komunis akan segera diadili terkait kematian Yu Qiyi, terduga kasus korupsi yang tewas akibat dianiaya.

Para pejabat China mengatakan seorang anggota Partai Komunis meninggal dunia setelah kepalanya dipendam dalam air oleh para penyelidik yang berusaha memaksanya mengaku korupsi.

Media pemerintah mengatakan enam orang penyelidik korupsi Partai Komunis akan segera diadili atas tuduhan sengaja mencederai sehubungan dengan kematian Yu Qiyi, seorang insinyur di Grup Investasi Industri Wenzhou.

Para pejabat yakin para penyelidik berkali-kali membenamkan kepala Yu (42 tahun) ke dalam bak air yang sangat dingin bulan April, dalam usaha memaksanya mengaku melakukan kejahatan yang dicurigai yang berhubungan dengan transaksi tanah.

Yu meninggal tidak lama setelah dibawa ke rumah sakit. Kematiannya semula ditetapkan sebagai kecelakaan. Tetapi, pemeriksaan jenazah kemudian mengungkapkan bahwa ia meninggal karena kegagalan pernafasan.

Keluarganya telah menerbitkan gambar-gambarnya di situs internet yang menunjukkan jenazah Yu yang menurut mereka penuh dengan luka-luka karena disiksa. Isterinya, Wu Qian, memberitahu media pemerintah bahwa berat badan suaminya turun drastis selama 38 hari dalam tahanan.

Presiden China Xi Jinping telah meluncurkan kampanye anti-korupsi yang diberitakan luas sejak ia memangku jabatan tahun lalu, dengan memperingatkan korupsi yang merajalela dapat mengancam kendali partainya atas kekuasaan. Xi telah berjanji untuk menangkapi para pejabat tinggi dan rendah yang korupsi.
XS
SM
MD
LG