Tautan-tautan Akses

China Akan Luncurkan 'Revolusi Toilet' untuk Dongkrak Pariwisata


Aktor-aktor 'cosplay' berfoto dalam toilet kaca umum untuk menandai Hari Toilet Dunia di Changsha, provinsi Hunan (19/11).

Aktor-aktor 'cosplay' berfoto dalam toilet kaca umum untuk menandai Hari Toilet Dunia di Changsha, provinsi Hunan (19/11).

Dipicu oleh keluhan meluas tentang tingkat higienitas toilet di tempat-tempat wisata, China mengatakan akan membangun atau merenovasi 100.000 toilet.

China mengatakan akan mendongkrak investasi untuk pariwisata, dengan prioritas untuk mengembangkan wilayah-wilayah yang tadinya merupakan daerah industri dan memperbaiki toilet-toilet, di tengah upaya negara itu untuk meningkatkan kontribusi sektor tersebut untuk pertumbuhan ekonomi.

Mengumumkan rencana baru untuk sektor pariwisata, China mengatakan akan menginvestasikan 2 triliun yuan (US$290 miliar) ke dalam sektor pariwisata antara 2016 dan 2020, yang berarti pertumbuhan investasi langsung tahunan sebesar lebih dari 14 persen dalam industri tersebut.

Kota-kota industri lama dan bergantung pada sumber daya, terutama di bagian utara, akan didorong untuk mengembangkan pariwisata dan pemerintah telah berjanji untuk membentuk "basis-basis demonstrasi turis" di wilayah-wilayah tersebut. Beberapa kota batu bara yang telah kehabisan sumber daya telah berupaya mengubah bekas tambang menjadi taman.

Rencana itu juga menjanjikan "revolusi toilet", dipicu oleh keluhan meluas tentang tingkat higienitas toilet di tempat-tempat wisata di China dan mengatakan negara itu akan membangun atau merenovasi 100.000 toilet dalam periode tersebut.

Investasi itu akan membantu industri pariwisata Chin mencakup 12 persen dari pertumbuhan ekonomi tahunan pada 2020, naik dari 10,8 persen tahun lalu.

Jumlah total layanan pariwisata yang akan dibangun oleh negara itu akan mencapai $1 triliun pada 2020, setara dengan lebih dari peningkatan 11 persen pendapatan pariwisata per tahun, menurut Dewan Negara.

Pemerintah memperkirakan para pelancong domestik akan melakukan 6,4 miliar perjalanan per tahun pada 2020, naik dari 4 miliar tahun 2015, sementara jumlah kunjungan ke China oleh pelancong asing diperkirakan meningkat sampai 150 juta, dari 134 juta tahun lalu.

Perencana negara China mengatakan bulan ini bahwa target-target investasi pariwisata akan dicapai dengan menarik lebih banyak investasi swasta ke dalam industri ini.

China telah giat mengembangkan dan memperluas industri-industri jasa untuk mengkompensasi dampak terus melemahnya permintaan ekspor global. [hd]

XS
SM
MD
LG