Tautan-tautan Akses

China Reformasi Sistem Petisi kepada Pemerintah


Tentara paramiliter berjaga-jaga di lapangan Tiananmen (12/11). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Tentara paramiliter berjaga-jaga di lapangan Tiananmen (12/11). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Menurut aturan petisi China, warga harus pergi ke Beijing untuk mengajukan mengajukan keluhan mengenai daerah mereka langsung kepada pemerintah pusat.

Pemerintah di Beijing mengatakan negara itu akan mereformasi sistem pengajuan petisi sipil yang sudah berumur puluhan tahun supaya keluhan anggota masyarakat dapat diselesaikan dengan lebih baik.

Zhang Enxi, wakil direktur Biro Negara urusan Surat dan Komunikasi, mengatakan dalam jumpa pers Kamis (28/11) bahwa China akan meneruskan lebih banyak keluhan masyarakat kepada pengadilan.

Ia mengatakan biro tersebut mendorong masyarakat mengajukan keluhan melalui Internet untuk meningkatkan transparansi, sementara mendesak para pejabat daerah untuk lebih giat melayani keluhan.

Menurut aturan petisi China, penduduk harus pergi ke Beijing untuk mengajukan keluhan mengenai daerah mereka langsung kepada pemerintah pusat. Namun, sistem keluhan tersebut dikecam karena tidak efisien, dan pejabat daerah sering berusaha mencegah rakyat pergi ke ibukota untuk mengajukan petisi atau keluhan, dengan menahan mereka secara tidak legal.
XS
SM
MD
LG