Tautan-tautan Akses

China Perluas Tindakan Anti-Korupsi ke Keluarga Pejabat


Media China menyoroti dokumen Panama dan keterlibatan nama-nama anggota keluarga pejabat tinggi China, termasuk Presiden Xi Jinping (foto: dok).
Media China menyoroti dokumen Panama dan keterlibatan nama-nama anggota keluarga pejabat tinggi China, termasuk Presiden Xi Jinping (foto: dok).

Langkah ini menyusul bocoran dokumen Panama yang menunjukkan bahwa beberapa perusahaan di luar negeri terkait dengan nama-nama anggota keluarga pejabat tinggi China.

China akan memperluas sebuah program percontohan yang bertujuan memberantas korupsi di empat kota baru di luar Shanghai, kota pusat keuangan, selagi China berusaha mengawasi kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suami atau istri (pasangan) dan anak-anak para pejabat pemerintah.

Peraturan-peraturan, yang diberlakukan tahun lalu, melarang pasangan dan anak-anak dari para pejabat senior untuk menduduki jabatan sebagai manajer, mendaftarkan usaha perorangan atau memiliki posisi kemitraan di daerah-daerah di mana anggota keluarga mereka menduduki jabatan pemerintah.

Program, yang awalnya dimulai di Shanghai, pusat kota keuangan, kini akan diperluas ke provinsi Guangdong, Chongqing, dan wilayah barat laut Xinjiang.

Langkah ini menyusul bocoran dokumen-dokumen yang disebut "Panama Papers" yang menunjukkan bahwa beberapa perusahaan di luar negeri terkait dengan nama-nama anggota keluarga dan mantan pejabat tinggi China, termasuk Presiden Xi Jinping.

Xi Jinping telah membuat upaya pemberantasan korupsi sebagai ciri khas pemerintahannya sejak ia menjabat tiga tahun lalu, katanya itu mengancam kelangsungan hidup Partai Komunis yang berkuasa.

Puluhan pejabat partai, pemerintahan, militer dan perusahaan milik negara termasuk di antara yang menjadi sasaran. [zb/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG