Tautan-tautan Akses

China Operasikan Mercusuar di Karang Laut China Selatan yang Disengketakan


Reklamasi Karang Subi Reef di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan, sebelah selatan provinsi Palawan, Filipina (Foto: dok).

Reklamasi Karang Subi Reef di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan, sebelah selatan provinsi Palawan, Filipina (Foto: dok).

Kantor berita Xinhua mengatakan mercusuar setinggi 55 meter di Karang Subi dinyalakan Selasa pada sebuah acara yang dipimpin para pejabat transportasi China.

China telah mulai mengoperasikan sebuah mercusuar di salah satu pulau buatannya yang dibangun di Laut China Selatan, sebuah langkah yang kemungkinan akan membakar lebih lanjut ketegangan antara China dan tetangga-tetangga regionalnya.

Kantor berita Xinhua mengatakan mercusuar setinggi 55 meter di Karang Subi dinyalakan Selasa pada sebuah acara yang dipimpin para pejabat transportasi China. Karang Subi, bagian dari Kepulauan Spartly, adalah salah satu dari banyak karang yang diubah Beijing menjadi pulau yang bisa dimanfaatkan sebagai landasan pacu atau untuk fasilitas-fasilitas lain.

China mengabaikan klaim-klaim yang bersaingan atas karang-karang itu yang diajukan Filipina, Vietnam, Taiwan dan negara-negara Asia lainnya. Sebuah pesawat sipil China melakukan uji coba pendaratan di landasan pacu karang Fiery Cross di kepulauan Spratly Januari lalu.

China mengklaim mercusuar Karang Subi dirancang untuk membantu usaha-usaha keamanan maritim dan SAR. China juga membangun mercusuar-mercusuar lainnya di dua karang lain di Kepulauan Spartly.

AS dan negara-negara lain juga telah mengecam Beijing atas proyek-proyek pembangunan pulau di Laut Cina Selatan, dengan mengatakan bahwa aktivitas itu menggoyahkan kawasan tersebut. [ab/as]

XS
SM
MD
LG