Tautan-tautan Akses

China Naikkan Pengeluaran Pemerintah untuk Tahun 2013


PM China Wen Jiabao (tampak pada layar TV) memberikan pidato di depan parlemen China di Beijing, Selasa (5/7).

PM China Wen Jiabao (tampak pada layar TV) memberikan pidato di depan parlemen China di Beijing, Selasa (5/7).

Pemerintah China perlu menaikkan pengeluaran guna merangsang pertumbuhan ekonomi, akibat masih lesunya perekonomian Eropa dan Amerika.

Pemerintah China memproyeksikan defisit fiskal 1,2 trilyun yuan tahun 2013, lebih besar daripada tahun sebelumnya. Ini, menurut para ekonom, akan menunjang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Zhi Qing, direktur eksekutif Chinese Finance Society, pertumbuhan ekonomi China secara keseluruhan sekarang ini masih bergantung pada ekspor dan investasi.

Ditambah dampak lesunya perekonomian Eropa dan Amerika, prospek ekspor China untuk tahun 2013 tidak cerah, sehingga China perlu menaikkan pengeluaran guna merangsang pertumbuhan ekonomi.

Menurut laporan pemerintah yang diserahkan kepada parlemen hari Selasa, antara lain defisit fiskal itu ditutup dengan surat berharga bernilai 350 milyar yuan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah lokal, naik 100 milyar yuan dari tahun sebelumnya.

Ditambahkan, dana yang diperoleh akan digunakan untuk mendanai proyek urbanisasi, pembangunan rumah murah, dan proyek-proyek serupa lain.
XS
SM
MD
LG