Tautan-tautan Akses

China Minta Presiden Filipina Batalkan Kunjungan


Presiden Filipina, Benigno Aquino telah diminta Beijing untuk membatalkan kunjungannya mendatang ke China (foto: dok).

Presiden Filipina, Benigno Aquino telah diminta Beijing untuk membatalkan kunjungannya mendatang ke China (foto: dok).

Manila mengatakan, Kamis, Presiden Aquino telah memutuskan untuk tidak menghadiri pameran dagang di Nanning, China Selatan akibat sengketa teritorial kedua negara.

Filipina mengatakan, Presiden Benigno Aquino telah diminta China untuk membatalkan kunjungan mendatang, menyusul perselisihan antar kedua negara Asia yang terlibat dalam sengketa teritorial itu.

Kementerian Luar Negeri Manila mengatakan, Kamis, Presiden Aquino telah memutuskan untuk tidak menghadiri pameran dagang di Nanning, China Selatan, itu setelah Beijing meminta agar kunjungannya dilangsungkan pada masa yang lebih kondusif.

Filipina malah akan mengirimkan Menteri Perdagangan Gregory Domingo ke ekspo dagang tahunan yang membantu mempromosikan hubungan ekonomi antara China dan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara itu.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Beijing belum pernah mengundang Aquino ke acara tersebut, namun tidak memberi rincian lebih lanjut.

Filipina dan China terlibat dalam sengketa atas wilayah yang berlokasi strategis dan kaya sumber daya di Laut China Selatan, di mana bentrokan skala kecil antara pemerintah dan kapal-kapal nelayan dari kedua negara kadang-kadang terjadi.

Beijing marah tahun lalu setelah Manila membawa sengketa itu ke Mahkamah Internasional PBB Urusan Hukum Laut.
XS
SM
MD
LG