Tautan-tautan Akses

China Luncurkan Pesawat Tempur Siluman Baru


China menampilkan untuk pertama kali jet tempur siluman J-20 dalam Airshow China di kota Zhuhai, provinisi Guangdong, China selatan, Selasa (1/11).

China menampilkan untuk pertama kali jet tempur siluman J-20 dalam Airshow China di kota Zhuhai, provinisi Guangdong, China selatan, Selasa (1/11).

China menampilkan untuk pertama kali jet tempur siluman J-20 dalam Airshow China di kota Zhuhai, China selatan, Selasa (1/11).

Dua pesawat J-20 tampil singkat dalam upacara pembukaan acara itu, melakukan serangkaian manuver dan menimbulkan kebisingan sehingga membunyikan alarm mobil di tempat parkir di dekatnya, menurut laporan Reuters.

Pesawat perang itu merupakan pesawat tempur siluman kedua China. J-31 ditampilkan kepada publik dalam pameran dirgantara Zhuhai dua tahun lalu.

Sementara J-31 diharapkan bisa ikut bersaing dalam pasar senjata global, J-20 yang menyerupai pesawat siluman Amerika jenis F-22 Raptor, kemungkinan tidak akan diekspor.

Kemampuan pesawat J-20 belum diketahui. Penampilan singkat jet tempur itu hari Selasa memberikan wawasan sedikit kepada para pengamat tentang kemampuan siluman, kinerja, dan senjata pesawat itu. Publik yang menghadiri pameran dirgantara itu tidak akan dapat melihat pesawat tempur buatan China itu di arena pameran di Zhuhai.

Seorang pejabat angkatan udara China yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan kepada harian South China Morning Post “banyak teknologi tinggi dan rahasia militer China dipasang dalam pesawat siluman itu.” Pejabat itu mengatakan sebagian rahasia itu akan terancam jika para ahli dapat melihat sayap dan badan pesawat itu dari jarak dekat. [gp]

XS
SM
MD
LG