Tautan-tautan Akses

Gunakan Zat Kimia, China Larang Impor Babi AS


Sebuah peternakan babi di negara bagian North Dakota, AS (foto: dok).

Sebuah peternakan babi di negara bagian North Dakota, AS (foto: dok).

China mengharuskan verifikasi oleh pihak ketiga bahwa daging babi yang dikirim ke China bebas bahan kimia “ractopamine”.

Departemen Pertanian Amerika mengatakan mulai hari Rabu China melarang impor daging babi dari enam tempat pemrosesan dan enam fasilitas gudang pendingin di Amerika karena penggunaan zat tambahan dalam makanan babi yang mendorong pertumbuhan otot babi.

China mengharuskan verifikasi oleh pihak ketiga bahwa daging babi yang dikirim ke China bebas bahan kimia “ractopamine”, yang dijual ke peternakan babi dengan menggunakan nama “Paylean”.

Kemasan daging babi dari beberapa pabrik di Amerika kini tidak memenuhi syarat untuk diekspor ke China, termasuk pabrik Tyson Foods di Perry dan Storm Lake – Iowa, dan fasilitas perusahaan tersebut di Logansport – Indiana.

Beberapa pabrik pemrosesan daging babi yang terkena larangan itu termasuk pabrik Hormel Foods Corp di Fremont – Nebraska, Triumph Foods di St. Joseph – Missouri, dan Quality Pork Processors Inc di Austin – Minnesota.

Tyson, Hormel dan Triumph sejauh ini belum memberi komentar.

Menurut Global Trade Atlas, ekspor daging babi Amerika ke China tahun 2013 lalu mencapai 312.138 ton atau bernilai sekitar 645,3 juta dolar. Ekspor daging babi Amerika ke seluruh dunia tahun 2013 lalu mencapai 7,5 juta ton atau bernilai sekitar 20,4 milyar dolar.

XS
SM
MD
LG