Tautan-tautan Akses

China, Korea Selatan Capai Kesepakatan Perdagangan Bebas


Presiden China Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan dalam pertemuan APEC di Beijing (10/11).

Presiden China Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan dalam pertemuan APEC di Beijing (10/11).

Kesepakatan Perdagangan Bebas China-Korea Selataan akan mencabut tarif 92 persen barang-barang impor China ke Korea Selatan dan 91 persen barang-barang impor Korea Selatan ke China dalam kurun 20 tahun.

China dan Korea Selatan secara efektif telah mencapai kesepakatan perdagangan bebas yang telah digarap selama dua setengah tahun. Pengumuman tersebut dikeluarkan hari Senin (10/11) di Beijing setelah berlangsung pertemuan antara Presiden Xi Jinping dan Presiden Korea Park Geun-hye dalam pertemuan sela KTT APEC di Beijing.

Kesepakatan tersebut akan mencabut tarif 92 persen barang-barang China yang diimpor ke Korea Selatan dan 91 persen barang-barang Korea Selatan yang diimpor ke China dalam kurun 20 tahun.

Sebuah pernyataan menyebutkan masih ada sejumlah detil yang harus dirundingkan, tetapi pakta tadi dapat ditandatangani sebelum akhir tahun ini. China sudah menjadi mitra dagang Korea Selatan terbesar.

XS
SM
MD
LG