Tautan-tautan Akses

China: Pulau-pulau di Laut China Selatan untuk Layani Perkapalan


Pemimpin militer China, Jenderal Fan Changlong (kanan) ketika bertemu Menhan AS Ash Carter di Pentagon, 11 Juni 2015 (foto: dok).

Pemimpin militer China, Jenderal Fan Changlong (kanan) ketika bertemu Menhan AS Ash Carter di Pentagon, 11 Juni 2015 (foto: dok).

Pemimpin militer China mengatakan pulau-pulau yang baru dibangun di Laut China Selatan bertujuan untuk menyediakan layanan kepada perkapalan.

Seorang jenderal tertinggi China, mengatakan pulau-pulau yang baru dibangun oleh pemerintah China di Laut China Selatan bertujuan terutama untuk menyediakan layanan kepada perkapalan. Jenderal Fan Changlong juga membantah keprihatinan bahwa Beijing sedang berusaha memperkuat kekuasaannya atas daerah strategis yang penting itu.

Jenderal Fan Changlong mengatakan para peserta di pertemuan militer Internasional di Beijing hari Sabtu (17/10) bahwa China bertekad untuk memelihara perdamaian di kawasan itu dan tidak akan membatasi pelayaran atau dengan gegabah menggunakan kekuatan, biarpun mengenai masalah yang berhubungan dengan kedaulatan.

Keprihatinan sedang meningkat atas cepatnya muncul pulau-pulau yang diciptakan dengan menimbun pasir di atas karang yang dikuasai China, yang sekarang menambahkan pelabuhan, lapangan terbang dan bangunan besar.

Amerika dan lain-lain telah meminta Beijing agar menghentikan proyek-proyek tersebut dengan mengatakan proyek-proyek itu menggoyahkan kawasan yang semakin di militerisasi. [gp]

XS
SM
MD
LG