Tautan-tautan Akses

AS

China Kirim Mahasiswa Asing Terbanyak di Universitas AS


Mahasiswa China menghadiri acara diskusi mengenai kebijakan luar negeri AS (foto: dok). China mengirimkan jumlah mahasiswa asing terbanyak di universitas-universitas Amerika.

Mahasiswa China menghadiri acara diskusi mengenai kebijakan luar negeri AS (foto: dok). China mengirimkan jumlah mahasiswa asing terbanyak di universitas-universitas Amerika.

Tahun lalu universitas-universitas di AS menerima 886 ribu mahasiswa asing, dengan sekitar 274 ribu atau hampir sepertiganya (31 persen) dari jumalh tersebut adalah mahasiswa China.

Majalah U.S. News and World Report telah mengumumkan daftar kampus Amerika terbaik dan menambahkan informasi bantuan khusus bagi mahasiswa Tionghoa, yang merupakan mahasiswa asing terbanyak di kampus-kampus AS.

Pusat Informasi China adalah sebuah halaman khusus berbahasa Tionghoa yang memberikan informasi kepada para pelajar China mengenai proses pendaftaran, pembayaran uang kuliah, cara menjalani kehidupan sebagai mahasiswa dan panduan yang membantu untuk mempersiapkan diri menjelang kuliah.

Anita Narayan, penyunting kolom pendidikan pada U.S. News and World Report mengatakan kepada VOA bahwa halaman itu berisi informasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa internasional.

“Kami menulis panduan yang berkaitan dengan cara membayar uang kuliah, apakah ada beasiswa bagi mahasiswa internasional, apakah sebaiknya menggunakan agen dan bagaimana cara bekerja sama dengan mereka, dan juga hal-hal seperti SAT, TOEFL, dan hal-hal yang kemungkinan menjadi perhatian mahasiswa China.”

Bagi mahasiswa China atau mahasiswa asing lain yang ingin menggunakan peringkat itu untuk memilih kampus, Narayan menganjurkan agar tidak menggunakan peringkat itu dengan cara yang salah.

“Mereka melihat peringkat itu dan mengatakan ‘Saya hanya mau masuk sekolah peringkat 10 atau 5.’ Yang ingin kami lakukan adalah menjelaskan kepada mereka bahwa, ya, U.S. News yang mendata peringkat tetapi banyak hal lain yang harus diperhatikan. Itulah fungsi pusat informasi itu.”

Institut Pendidikan Internasional tahun lalu mengatakan bahwa universitas-universitas di AS menerima rekor 886.000 mahasiswa asing, dengan 274.000 di antaranya dari China.

Dalam daftar U.S. News Rankings tahun ini, Universitas Princeton di New Jersey merajai daftar Universitas terbaik, dan Williams College di Massachusetts dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik bidang humaniora.

U.S. News & World Report telah mendata peringkat universitas selama lebih dari 30 tahun.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG