Tautan-tautan Akses

China Kirim Kapal Induk ke Laut China Selatan untuk Latihan


Kapal induk China (Foto: dok).

Kapal induk China (Foto: dok).

China telah mengirim kapal induk satu-satunya untuk sebuah sebuah misi latihan di Laut Cina Selatan, dimana Beijing terlibat dalam sengketa wilayah dengan beberapa negara tetangganya.

China telah mengirim kapal induk “Liaoning” dalam misi latihan di Laut China Selatan, di mana China terlibat dalam sengketa wilayah yang tegang dengan beberapa negara tetangganya.

Kantor berita China Xinhua mengatakan Liaoning berangkat hari Selasa dari pelabuhan utamanya di kota Qindao, ditemani dua kapal perusak dan sebuah kapal peluncur misil.

Pejabat-pejabat Angkatan Laut China menggambarkan misi kapal induk itu sebagai hal yang rutin, dengan mengatakan “Liaoning” akan melakukan riset ilmiah, uji-coba dan latihan militer.

Ini merupakan misi latihan pertama jangka panjang “Liaoning” sejak diresmikan tahun lalu, di tengah keprihatinan tentang peningkatan kapabilitas militer China.

Banyak negara tetangga China menuduh negara itu menjadi semakin agresif dalam beberapa tahun ini guna mempertahankan klaim maritimnya di Laut China Selatan.
XS
SM
MD
LG