Tautan-tautan Akses

China Kembalikan Paspor Pembangkang Ai Weiwei


Artis pembangkang China Ai Weiwei menunjukkan paspor miliknya di Beijing hari Rabu (22/7).

Artis pembangkang China Ai Weiwei menunjukkan paspor miliknya di Beijing hari Rabu (22/7).

Artis pembangkang China Ai Weiwei telah memperoleh kembali paspor miliknya yang telah disita selama 4 tahun, hari Rabu (22/7).

Empat tahun setelah paspornya disita oleh pihak berwenang di Beijing, artis pembangkang China Ai Weiwei telah memperoleh kembali paspor miliknya tersebut.

Artis dan pengkritik pemerintah berusia 57 tahun itu menyampaikan pengumuman hari Rabu (22/7) di situs media sosial Instagram, dan mengunggah foto dirinya sedang memegang dokumen tersebut.

Foto itu dilengkapi tulisan yang berbunyi, "Hari ini, saya menerima paspor." Dia tidak memberikan penjelasan mengapa paspornya diberikan kembali kepadanya.

Ai Weiwei mengatakan ia ingin melakukan perjalanan ke Jerman, tetapi tidak jelas berapa lama lagi sebelum ia dapat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Paspor artis itu disita oleh pemerintah tahun 2011 ketika ia ditangkap dan ditahan selama hampir tiga bulan. Ia kemudian didenda 2,4 juta dolar karena tuduhan penggelapan pajak. Ai Weiwei mengatakan dia dikenai tuduhan itu karena kritiknya yang blak-blakan terhadap pemerintah Komunis yang berkuasa.

Ai Weiwei menjadi terkenal secara internasional setelah merancang Bird Nest Stadium, yakni stadion berbentuk sarang burung, untuk Olimpiade 2008.

XS
SM
MD
LG