Tautan-tautan Akses

China Kecam Pernyataan AS dan Jepang Soal Wilayah Sengketa


Deputi Kepala Staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat China, Letnan Jenderal Wang Guanzhong

Deputi Kepala Staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat China, Letnan Jenderal Wang Guanzhong

Deputi Kepala Staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat China, Letnan Jenderal Wang Guanzhong melabrak Amerika dan Jepang karena mengkritik kegiatan China di beberapa bagian Laut China Selatan. Ia menyebut kritikan kedua negara itu provokatif.

Jenderal Wang mengatakan dalam konperensi keamanan di Singapura hari Minggu bahwa kritikan yang dilontarkan perdana menteri Jepang Shinzo Abe dan Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel membuatnya marah.

Dalam pidatonya hari Sabtu, Hagel menuduh China melakukan tindakan-tindakan yang mengganggu stabilitas di Laut China Selatan. Ia mengatakan kepada para pejabat dalam dialog tahunan Shangri-La bahwa Washington tidak akan tinggal diam jika tatanan internasional terancam.

Dalam pidatonya hari Jum’at, Abe menjanjikan bantuan Jepang sepenuhnya kepada negara-negara Asia Tenggara dalam usaha mereka mengamankan laut dan wilayah udara mereka.

Jenderal Wang menyebut pernyataan-pernyataan itu bentuk provokasi terhadap China dan tidak terbayangkan. Menurutnya negaranya tidak pernah mengambil langkah pertama untuk memancing kekacauan.
XS
SM
MD
LG