Tautan-tautan Akses

China, Jepang Adakan Pembicaraan Keamanan Tingkat Tinggi


Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama (kiri) bersama Asisten Menteri Luar Negeri China Liu Jianchao dalam pertemuan di Tokyo (19/3). (AP/Kyodo News)

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama (kiri) bersama Asisten Menteri Luar Negeri China Liu Jianchao dalam pertemuan di Tokyo (19/3). (AP/Kyodo News)

Pembicaraan tersebut telah diadakan secara teratur sejak 1993 tetapi dibatalkan tahun 2012 setelah Jepang menasionalisasi sekelompok pulau yang diklaim kedua negara.

China dan Jepang telah mengadakan pembicaraan keamanan tingkat tinggi untuk pertama kalinya dalam empat tahun, satu lagi langkah ke arah perbaikan hubungan yang rusak berat akibat sengketa wilayah.

Wakil Menteri Luar Negeri dari kedua negara bertemu Kamis (19/3) di Tokyo untuk pembicaraan satu hari, dimana kedua pihak mengutarakan harapan akan perbaikan yang diteruskan dalam hubungan.

“Hubungan antara Jepang dan China telah maju secara perlahan sejak pertemuan puncak tahun lalu tetapi masih ada keprihatinan atas kebijakan keamanan terhadap satu sama lain,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama. “Cara terbaik menghilangkan keprihatinan adalah mengadakan dialog langsung.”

Asisten Menteri Luar Negeri China Liu Jianchao juga menekankan pentingnya dialog, “karena kedua pihak adalah tetangga yang penting dan negara kuat di kawasan itu.”

Pembicaraan tersebut, yang juga mencakup pejabat pertahanan, telah diadakan secara teratur sejak 1993 tetapi dibatalkan tahun 2012 setelah Jepang menasionalisasi sekelompok pulau yang diklaim kedua negara.

XS
SM
MD
LG