Tautan-tautan Akses

China Interogasi Wartawan Tentang Jaringan Pemerasan


Seorang pria membaca koran China yang dijual di kios di Beijing.

Seorang pria membaca koran China yang dijual di kios di Beijing.

Beijing sedang berusaha menindak wartawan yang menerima suap, sebuah fenomena yang sudah biasa dilakukan dalam profesi yang dibayar dengan gaji rendah itu.

Polisi China telah menangkap beberapa wartawan sebuah surat kabar keuangan berpengaruh atas dugaan memeras uang dari beberapa perusahaan.

Para wartawan surat kabar 21st Century Business Herald itu adalah diantara delapan orang yang menurut laporan media pemerintah sedang diinterogasi oleh polisi di Shanghai.

Juga ditahan adalah karyawan di dua perusahaan hubungan publik yang menurut pihak berwenang bekerja dengan wartawan-wartawan tersebut untuk memeras setidaknya 10 perusahaan.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan para tersangka mengatakan kepada perusahaan-perusahaan tersebut agar membayar biaya besar untuk memperoleh liputan pemberitaan yang menguntungkan dari surat kabar itu.

Jika perusahaan-perusahaan itu tidak memberi uang, surat kabar itu akan "menerbitkan laporan negatif yang dengan jahat menyerang mereka."

Pihak berwenang belum mengatakan cerita palsu apa, jika ada, yang telah diterbitkan di koran itu sebagai akibat dari pemerasan itu.

Beijing sedang berusaha menindak wartawan yang menerima suap, sebuah fenomena yang kata banyak kalangan sudah biasa dilakukan dalam profesi yang dibayar dengan gaji rendah itu.

XS
SM
MD
LG