Tautan-tautan Akses

China: Insiden Lapangan Tiananmen Direncanakan Sejak September


Seorang pria tengah memperbaiki kamera keamanan yang dipasang di Lapangan Tiananmen, Beijing (31/10).
Seorang pria tengah memperbaiki kamera keamanan yang dipasang di Lapangan Tiananmen, Beijing (31/10).

China Central Television (CCTV) mengatakan delapan tersangka separatis Islamis dari wilayah barat laut yang bergejolak Xinjiang telah merencanakan serangan di Lapangan Tiananmen sejak September.

Media pemerintah China merilis rincian lebih lanjut tentang apa yang mereka sebut "serangan teroris” hari Senin di Lapangan Tiananmen, sementara puluhan penangkapan dilaporkan dalam penumpasan setelah kejadian itu terutama terhadap sebuah kelompok etnis Muslim .

China Central Television (CCTV) mengatakan delapan tersangka separatis Islamis dari wilayah barat laut yang bergejolak Xinjiang telah merencanakan serangan itu sejak September dan telah mengumpulkan lebih dari $6.500 untuk membantu pelaksanaannya.

Jaringan televisi itu mengatakan tiga tersangka mengendarai Mercedes SUV yang dipenuhi “pisau Tibet" dan 400 liter bensin ke lapangan itu hari Senin, menewaskan mereka, dua turis, dan melukai puluhan lainnya. Lima orang lainnya telah ditangkap .

Kepala keamanan dalam negeri China Meng Jianzhu hari Jumat menuding kelompok separatis Muslim Uighur yang berpusat di Xinjiang, Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM). Tahun 2002, Amerika dan PBB menggolongkan ETIM sebagai organisasi teroris.

Tidak jelas bagaimana tuduhan Meng itu sesuai dengan klaim dalam laporan CCTV, yang mengatakan para tersangka baru memutuskan untuk membentuk sebuah kelompok teroris bulan lalu.

Sementara itu, Kongres Uighur Sedunia hari Sabtu mengatakan bahwa polisi China telah menangkap 53 orang di Xinjiang dalam dua hari terakhir dalam apa yang disebut tindakan keras terhadap kelompok minoritas Uighur itu.
XS
SM
MD
LG