Tautan-tautan Akses

China Hukum Penulis Lansia yang Kecam Pejabat Komunis


Kepala urusan propaganda Partai Komunis China, Liu Yunshan (foto: dok). Penulis lansia China dihukum karena mengecam Liu Yunshan.

Kepala urusan propaganda Partai Komunis China, Liu Yunshan (foto: dok). Penulis lansia China dihukum karena mengecam Liu Yunshan.

Penulis Huang Zerong berusia 81 tahun yang dikenal dengan nama pena Tie Liu, adalah redaktur majalah Small Scars from the Past.

Sebuah pengadilan China telah menjatuhkan hukuman percobaan dua setengah tahun penjara terhadap penulis berusia 81 tahun yang baru-baru ini mengecam seorang pejabat tinggi Partai Komunis.

Huang Zerong juga dikenai denda 4.800 dolar hari Rabu (25/2), setelah pengadilan di kota asalnya, Chengdu, mendapatinya bersalah menjalankan bisnis ilegal.

Penulis Huang Zerong yang dikenal dengan nama pena Tie Liu, adalah redaktur majalah Small Scars from the Past. Ia ditangkap September lalu setelah menulis beberapa artikel yang mengeritik kepala urusan propaganda China, Liu Yunshan.

Pihak berwenang awalnya menuduh Huang mengundang pertengkaran dan memprovokasi keributan, sebuah tuduhan yang tidak jelas yang sering dikenakan terhadap pembangkang. Pengacaranya, Liu Xiaoyuan, mengatakan, tuduhan itu belakangan dibatalkan.

Huang sudah lama menjadi pengecam para pemimpin komunis. Sebagai jurnalis muda, ia menghabiskan waktu lebih dari 20 tahun di kamp-kamp kerja paksa setelah mengecam mantan pemimpin Mao Zedong.

Asistennya, Huang Jing, juga dikenai hukuman percobaan satu tahun dan denda 800 dolar oleh pengadilan itu. Hukuman percobaan berarti mereka tidak akan dipenjara kecuali para pejabat menyatakan mereka telah melanggar hukum lagi.

Pengadilan-pengadilan yang dijalankan Partai Komunis China menjatuhkan hukuman penjara terhadap banyak pengacara, aktivis, pengarang dan jurnalis dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari upaya penumpasan keras terhadap kebebasan mengungkapkan pendapat.

XS
SM
MD
LG