Tautan-tautan Akses

China Hukum Penerbit Buku 10 Tahun Penjara


Presiden China Xi Jinping (foto: dok). China menghukum penerbit yang berusaha menerbitkan buku kecaman terhadap Presiden Xi Jinping.

Presiden China Xi Jinping (foto: dok). China menghukum penerbit yang berusaha menerbitkan buku kecaman terhadap Presiden Xi Jinping.

Pengadilan di China menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun bagi Yao Wentian yang berusaha menerbitkan buku kecaman terhadap Presiden Xi Jinping.

Sebuah pengadilan di China hari Kamis (8/5) menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun bagi seorang penerbit di Hong Kong yang berusaha menerbitkan sebuah buku yang isinya mengecam Presiden China Xi Jinping.

Yao Wentian, yang telah menerbitkan beberapa buku yang dilarang di daratan China itu, ditangkap di Shenzhen tahun lalu atas tuduhan penyelundupan bahan kimia melintasi perbatasan. Penangkapannya terjadi ketika ia menyiapkan penerbitan sebuah buku karya penulis pembangkang yang tinggal di pengasingan Yu Jie berjudul "China’s Godfather: Xi Jinping."

Putranya, Yao Yongzhan, mengatakan kepada VOA bahwa dakwaan terhadap ayahnya yang berusia 73 tahun itu tidak adil .

Pengacara Yao Wentian, Ding Xikui, mengatakan kepada VOA bahwa kliennya, yang juga dikenal dengan nama Yiu Mantin, hanyalah berfungsi sebagai pembantu dan hukuman itu terlalu berat. Para pengecam pemerintah China menuduh pihak berwenang menarget Yao karena kegiatan penerbitannya .

Sementara itu, China menahan Gao Yu, wartawan terkenal dengan tuduhan "membocorkan rahasia negara," langkah penumpasan terbaru terhadap perbedaan pendapat menjelang peringatan demonstrasi berdarah di lapangan Tiananmen.

Kantor berita resmi Xinhua hari Kamis mengatakan Gao Yu ditahan tanggal 24 April karena dicurigai memperoleh salinan dokumen pemerintah dengan cara tidak sah dan menyerahkannya kepada media-media luar negeri.

Wartawan berusia 70-tahun itu tampil di televisi pemerintah China, dan mengatakan apa yang dilakukannya adalah "sangat salah."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG