Tautan-tautan Akses

China Hukum Mati 2 Pria Terkait Pembunuhan Imam


Peta wilayah China, dengan provinsi Kashgar di wilayah Barat.

Peta wilayah China, dengan provinsi Kashgar di wilayah Barat.

Dua pria dijatuhi hukuman mati dan seorang lagi hukuman seumur hidup karena membunuh seorang imam yang pro pemerintah di kota Kashgar, China barat, Senin (29/9).

Media pemerintah China, Tianshan Net, hari Senin (29/9), melaporkan bahwa sebuah pengadilan di Kashgar hari Minggu (28/9) memvonis Gheni Hasan dan Nurmemet Abidilimit karena memimpin sebuah kelompok teror, sekaligus melalukan pembunuhan terencana.

Pria ketiga, Atawulla Tursun, divonis karena ikut serta dalam aktivitas kelompok teror tersebut dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Media China menyebutkan Nurmemet Abidilimit dan dua lelaki lain, membunuh imam Jume Tahir, umur 74 tahun, seusai solat subuh di sebuah masjid besar, 30 Juli lalu.

Pembunuhan tersebut dilakukan di tengah-tengah serangkaian kerusuhan yang dilancarkan warga masyarakat minoritas Uighur terhadap lembaga-lembaga pemerintah dan para pendukungnya.

Nurmemet Abidilimit ditangkap, dan kedua lainnya ditembak mati oleh polisi. Hampir 400 orang tewas dalam kerusuhan selama satu setengah tahun belakangan ini.

XS
SM
MD
LG