Tautan-tautan Akses

China Dukung Usul Rusia untuk Hindari Aksi Militer di Suriah

  • Shannon Van Sant

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei menegaskan dukungan Beijing bagi solusi damai di Suriah (foto: dok).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei menegaskan dukungan Beijing bagi solusi damai di Suriah (foto: dok).

China mendukung usulan Rusia untuk menghindari serangan militer AS terhadap Suriah dengan meminta Suriah menyerahkan persediaan senjata kimianya.

Pemerintah China mengatakan mendukung rencana Rusia untuk menghindari serangan militer Amerika terhadap Suriah dengan meminta Suriah menyerahkan persediaan senjata kimianya untuk dihancurkan.

Komentar tersebut disampaikan setelah seorang pejabat senior pertahanan Amerika menekan pejabat China untuk mendukung tindakan militer terhadap Suriah.

Usul Rusia untuk menempatkan senjata kimia pemerintah Suriah di bawah pengawasan internasional untuk akhirnya dihancurkan mendapat sedikit pujian dari Presiden Barack Obama yang mengatakan usul itu memberi harapan aksi militer bisa dihindarkan.

Di Beijing juru bicara kementerian luar negeri China, Hong Lei juga mendukung rencana itu.

Hong Lei mengatakan, masyarakat internasional seharusnya mempertimbangkan usaha itu selama usul tadi bisa meredakan ketegangan situasi di Suriah serta mengamankan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan itu.

China bersama Rusia selama ini terus memveto resolusi PBB tentang pemberlakuan sanksi-sanksi atau kecaman atas pemerintah Suriah. China berkeras dialog politik merupakan satu-satunya penyelesaian bagi konflik itu.

Hari Senin (9/9), Menteri Luar Negeri China mendesak Amerika untuk mengambil tindakan dengan sangat hati-hati dan kembali ke PBB untuk berunding mengenai Suriah sebelum melancarkan serangan udara.

Pihak berwenang China hari Selasa diperkirakan akan bertemu dengan enam anggota oposisi Suriah untuk membahas konflik di Suriah. Tapi pihak berwenang tidak menjelaskan nama kelompok itu.

Media yang didukung pemerintah China telah memperingatkan, menentang tindakan militer yang menarget pemerintah Suriah dan mengatakan bahwa serangan Amerika bisa merugikan citra internasionalnya. Harian People’s Daily mengatakan serangan militer dengan cepat bisa berubah menjadi perang regional yang bisa mengancam persediaan energi dan ekonomi global.

Wakil Menteri Amerika untuk Kebijakan Pertahanan, James Miller tiba di Beijing minggu ini, dalam kunjungan yang semula ditujukan untuk mempererat hubungan pertahanan dan sekalian membahas mengenai Suriah.

James Miller hari Selasa mengatakan kepada wartawan ia berbicara dengan pihak berwenang China mengenai dukungan aksi militer terhadap sasaran-sasaran pemerintah Suriah sebagai tanggapan atas serangan senjata kimia yang diduga dilancarkan oleh tentara Suriah.

Miller mengatakan China ingin mencegah penggunaan senjata kimia khususnya sebagai peringatan bagi negara tetangganya Korea Utara.

Sewaktu ditanya mengenai komentar Miller tentang Korea Utara, juru bicara kementrian luar negeri China, Hong Lei menegaskan bahwa China menentang proliferasi senjata pemusnah masal.
XS
SM
MD
LG