Tautan-tautan Akses

China Desak AS Kurangi Misi Pemantauan


Jenderal Fan Changlong (kiri), wakil ketua Komisi Militer China, saat bertemu penasihat keamanan nasional AS Susan Rice di Beijing (9/9).

Jenderal Fan Changlong (kiri), wakil ketua Komisi Militer China, saat bertemu penasihat keamanan nasional AS Susan Rice di Beijing (9/9).

Seorang Jenderal senior angkatan darat China hari Selasa (9/9) mendesak Amerika untuk berhenti melakukan misi pemantauan dekat wilayah China.

Pernyataan itu muncul dalam pertemuan antara jenderal senior angkatan darat China, Fan Changlong, yang menjabat wakil ketua Komisi Militer China, dengan penasehat keamanan nasional Amerika Susan Rice.

Kantor berita resmi pemerintah China, Xinhua, melaporkan, Fan mengatakan kepada Rice, militer Amerika harus mengurangi dan pada akhirnya menghentikan pemantauan jarak dekat itu.

Pertemuan jarak dekat Agustus lalu antara jet tempur China dan sebuah pesawat pemantau Amerika di perairan internasional di lepas pantai selatan China menimbulkan sikap saling tuding antara kedua pihak.

Pentagon menuduh pilot pesawat tempur China bertindak "agresif" dan "tidak profesional", setelah jet-nya berada dalam jarak sembilan meter dari pesawat Amerika. Beijing mengatakan, pesawat Amerika itu seharusnya tidak berada di sana.

Insiden itu adalah salah satu dari banyak topik sensitif yang dibahas dalam lawatan Rice, yang mencakup pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping.

XS
SM
MD
LG