Tautan-tautan Akses

China dan Swis Tandatangani Kesepakatan Perdagangan Bebas


Menteri Perdagangan China, Gao Hucheng, dan Menteri Ekonomi Swiss, Johann Schneider-Ammann menandatangani kesepakatan perdagangan bebas di Beijing, Sabtu (6/7).

Menteri Perdagangan China, Gao Hucheng, dan Menteri Ekonomi Swiss, Johann Schneider-Ammann menandatangani kesepakatan perdagangan bebas di Beijing, Sabtu (6/7).

China dan Swiss menandatangani kesepakatan perdagangan bebas di Beijing, di tengah-tengah berlangsungnya ketegangan yang meningkat antara raksasa ekonomi Asia itu dengan Uni Eropa.

Kesepakatan perdagangan bebas China dan Swiss dicapai menyusul penandatangan perjanjian perdagangan bebas pertama antara China dan negara Eropa yang bukan anggota Uni Eropa, yaitu Islandia, April lalu.

Menteri Perdagangan China, Gao Hucheng, dan Menteri Ekonomi Swiss, Johann Schneider-Ammann menandatangani kesepakatan itu dalam sebuah upacara di ibukota China.

Menurut kantor berita Xinhua, Gao menggambarkan kesepakatan perdagangan dengan Swiss sebagai perjanjian yang menyeluruh dan saling menguntungkan, yang akan meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

Xinhua mengatakan volume perdagangan bilateral antara China dan Swiss mencapai $26,31 miliar pada 2012. Kantor berita tersebut melaporkan selama lima bulan pertama tahun ini, volume perdagangan antara kedua negara telah mencapai $22,89 miliar.

Kesepakatan hari Sabtu itu ditandatangani beberapa hari setelah pemerintah China secara resmi memulai penyelidikan mengenai apakah Eropa menjual minuman anggur di China di bawah harga pasar, sebuah tanggapan yang memperuncing ketegangan antara China dan Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG