Tautan-tautan Akses

China Canangkan Rencana Program Antariksa 5 Tahun


Peluncuran laboratorium antariksa eksperimental China dari landasan di Jiuquan, provinsi Gansu, China, 15 September 2016. (Foto: dok).

Peluncuran laboratorium antariksa eksperimental China dari landasan di Jiuquan, provinsi Gansu, China, 15 September 2016. (Foto: dok).

Beijing telah menerbitkan makalah gagasan kebijakan resmi, Selasa (27/12) yang memuat strategi antariksanya untuk lima tahun mendatang. Negara itu berjanji akan menggunakan antariksa untuk tujuan damai dan menentang perlombaan senjata antariksa.

China berencana mengembangkan kekuatan dan ukuran dalam program antariksanya, kata seorang pejabat Badan Antariksa Nasional China, Selasa (27/12).

Beijing telah menerbitkan makalah gagasan kebijakan resmi hari Selasa (27/12) yang memuat strategi antariksanya untuk lima tahun mendatang. Negara itu berjanji akan menggunakan antariksa untuk tujuan damai dan menentang perlombaan senjata antariksa, menurut makalah tersebut yang dirilis oleh Kantor Informasi Dewan Negara.

“China ingin bekerjasama dengan masyarakat internasional untuk secara bersama menggalakkan pengembangan industri antariksa sedunia, berdasarkan persamaan dan perolehan manfaat bersama, penggunaan antariksa dengan damai, dan pengembangan yang inklusif,” kata Wu Yanhua, wakil direktur Badan Antariksa Nasional China, dalam jumpa pers setelah laporan itu dirilis.

Namun, program tersebut “harus memenuhi tuntutan ekonomi, ilmiah dan pengembangan teknologi, keamanan nasional dan kemajuan sosial,” menurut makalah kebijakan itu. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG