Tautan-tautan Akses

China Canangkan Tekad jadi Negara Kuat Sepakbola


Tim nasional sepakbola China dalam Piala Asia di Brisbane, Australia tahun lalu (foto: dok).

Tim nasional sepakbola China dalam Piala Asia di Brisbane, Australia tahun lalu (foto: dok).

China mencanangkan program ambisius untuk bisa memiliki tim nasional sepakbola putra dan putri yang kuat di dunia dalam 30 tahun ke depan.

Dalam 30 tahun ke depan, China akan memiliki tim sepakbola putra dan putri yang termasuk dalam tim-tim terkuat di dunia, demikian menurut rencana baru ambisius yang diumumkan oleh para pejabat China.

Tujuan besar itu termasuk tolok ukur yang akan menjadikan China sebagai tim Asia papan atas menjelang tahun 2030 dan menarik 50 juta warga China untuk bermain sepak bola pada tahun 2020, 30 juta di antaranya adalah anak-anak murid sekolah.

Pada tahun 2050, di dalam dokumen rencana itu, China mengklaim akan memiliki "salah satu tim nasional sepakbola dunia terkuat". Tim sepakbola China kini berada di peringkat ke-81 dalam peringkat dunia FIFA.

Pengumuman itu datang dari komite bersama antara Badan Administrasi Olahraga Nasional, Asosiasi Sepakbola China, Kementerian Pendidikan dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional hanya sehari sebelum pertemuan di Kuala Lumpur, di mana 12 negara akan mengetahui siapa-siapa lawan mereka yang akan bertarung dalam putaran babak final Piala Dunia 2018 Kualifikasi Asia. [zb/jm]

XS
SM
MD
LG