Tautan-tautan Akses

China Beri Akses Nelayan Filipina ke Pulau Dekat Scarborough Shoal


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying (Foto: dok).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying (Foto: dok).

China mengukuhkan keputusan untuk mengizinkan akses bagi nelayan Filipina ke sebuah pulau karang yang disengketakan setelah kunjungan ke Beijing oleh presiden Filipina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing telah melakukan “pengaturan yang wajar” mengenai Scarborough Shoal setelah Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengutarakan keprihatinan mengenai akses.

China merebut pulau karang itu yang jaraknya 228 kilometer dari Filipina utara setelah konfrontasi tahun 2012 antara kedua pihak, tetapi nelayan Filipina mengatakan pengawal pantai China telah membiarkan mereka kembali untuk menangkap ikan di daerah itu setelah kunjungan Duterte baru-baru ini.

Hua mengatakan kepada para wartawan hari Senin (31/10) masalah tersebut telah ditangani “berdasarkan persahabatan antara China dan Filipina.”

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan hari Minggu sebuah pesawat angkatan laut Filipina melihat sedikitnya empat kapal pengawal pantai China sekitar pulau karang itu dalam penerbangan pemantauan hari Sabtu. [gp]

XS
SM
MD
LG