Tautan-tautan Akses

China Bebaskan Aktivis HAM dari Swedia


Aktivis HAM dari Swedia, Peter Dahlin (Foto: dok).

Aktivis HAM dari Swedia, Peter Dahlin (Foto: dok).

Peter Dahlin, ditangkap pada tanggal 3 Januari ketika hendak terbang keluar dari Beijing, dan tidak terlihat lagi sampai minggu lalu ketika ia ditampilkan di televisi pemerintah CCTV dan mengakui tuduhan itu.

Aktivis HAM dari Swedia yang ditangkap awal bulan ini di China dan dituduh membahayakan keamanan negara telah dibebaskan dan dideportasi.

Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom mengeluarkan pernyataan Selasa yang menyambut pembebasan Peter Dahlin, 35 tahun, salah seorang pendiri “Kelompok Aksi Darurat China” yang memberikan pelatihan dan dukungan bagi para pengacara HAM di China.

Dahlin ditangkap pada tanggal 3 Januari ketika hendak terbang keluar dari Beijing, dan tidak terlihat lagi sampai minggu lalu ketika ia ditampilkan di televisi pemerintah CCTV dan mengakui tuduhan itu.

China telah terlibat dalam tindakan keras luas terhadap para pengacara HAM di negara itu sejak Presiden Xi Jinping mengambil alih kekuasaan pada tahun 2012. Banyak di antara mereka yang ditangkap kemudian ditampilkan di televisi pemerintah untuk mengakui tuduhan, sebuah praktek yang menurut para aktivis HAM dipaksakan. [lt]

XS
SM
MD
LG