Tautan-tautan Akses

China Batalkan Konser Bon Jovi Karena Dukung Dalai Lama


Bintang rock dan filantropis Jon Bon Jovi tampil di acara kelulusan Rutgers University-Camden (21/5) di Camden, New Jersey. (AP/Mel Evans)

Bintang rock dan filantropis Jon Bon Jovi tampil di acara kelulusan Rutgers University-Camden (21/5) di Camden, New Jersey. (AP/Mel Evans)

Konser itu dibatalkan setelah Kementerian Kebudayaan China mengetahui Bon Jovi memasang gambar Dalai Lama dalam video di sebuah konser tahun 2010 di Taiwan.

China membatalkan rencana konser pertama Bon Jovi di negara itu karena band rock Amerika tersebut dianggap mendukung Dalai Lama.

Bon Jovi tadinya dijadwalkan tampil minggu depan di Beijing dan Shanghai. Harian Financial Times menyebutkan konser itu dibatalkan setelah Kementerian Kebudayaan China mengetahui Bon Jovi memasang gambar Dalai Lama dalam video di sebuah konser tahun 2010 di Taiwan.

BBC juga melaporkan bahwa acara itu dibatalkan oleh pemerintah.

China menganggap Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet, sebagai tokoh separatis yang berbahaya. Dalai Lama mengecam apa yang disebutnya penindasan China terhadap Tibet, tetapi menegaskan ia tidak mendukung aksi kekerasan dan separatisme di wilayah itu.

China sudah sering membatalkan konser musisi Barat yang menunjukkan dukungan bagi Dalai Lama. Beberapa bulan lalu, pemerintah negara itu membatalkan konser grup Maroon 5 di Shanghai, diyakini karena salah satu anggotanya menulis pesan selamat ulang tahun bagi Dalai Lama lewat Twitter. Penyanyi Bjork dan band rock Linkin Park juga pernah mengalami hal serupa.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG