Tautan-tautan Akses

China Bangun Jaringan Radar di Kepulauan yang Disengketakan


Salah satu pulau di kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan (Foto: dok).

Salah satu pulau di kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan (Foto: dok).

Kelompok penelitian independen Amerika mengatakan China sedang membangun jaringan radar di seluruh kepulauan yang disengketakan dan diduduki China di Laut China Selatan, tindakan yang dapat memperkuat kemampuannya menguasai kawasan itu.

Laporan Pusat Pengkajian Strategi dan Internasional yang berbasis di Washington itu dikeluarkan menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.

Prakarsa Transparansi Maritim Asia kelompok penelitian tadi mengungkapkan gambar-gambar satelit yang menunjukkan jaringan radar frekuensi tinggi di karang Cuarteron dan kepulauan Spratly, serta sebuah mercusuar, tempat pendaratan helikopter, lubang perlindungan bawah-tanah dan peralatan komunikasi lain.

Laporan itu mengatakan sarana-sarana radar di Cuarteron akan memperkuat kemampuan China memantau lalu-lintas permukaan laut dan udara di bagian utara laut China Selatan.

Kelompok penelitian CSIS itu juga mengatakan China tampaknya sedang memasang sarana radar di karang-karang yang lebih kecil di kepulauan Spratly. [gp]

XS
SM
MD
LG