Tautan-tautan Akses

China Ajak Indonesia Kerjasama Bidang Perikanan


TNI AL menghancurkan dua kapal pencuri ikan di perairan Ambon, Maluku bulan lalu (foto: dok).

TNI AL menghancurkan dua kapal pencuri ikan di perairan Ambon, Maluku bulan lalu (foto: dok).

Pekan lalu pemerintah Indonesia mencabut kesepakatan yang memberi para nelayan China sejumlah keuntungan dibanding nelayan dari negara lain di Indonesia.

China meminta Indonesia bekerjasama dalam industri perikanan, setelah Indonesia mencabut sejumlah hak istimewa yang diberikan kepada negara itu untuk menangkap ikan di perairan Indonesia.

Menurut Jakarta Post. setelah menyita 10 kapal milik China yang diduga melakukan penangkapan ikan ilegal, Kementrian Kelautan and Perikanan mengatakan, pekan lalu, pemerintah mencabut sebuah kesepakatan yang dibuat dengan China pada 2013 yang memberi para nelayan China sejumlah keuntungan dibanding para nelayan dari negara lain yang menangkap ikan di Indonesia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chinying, mengatakan dalam sebuah konperensi pers hari Selasa (27/1), China bersedia bekerjasama dengan Indonesia mengusahakan kerjasama pembangunan usaha perikanan bilateral yang sehat dan stabil.

Indonesia baru-baru ini mengeluarkan larangan operasi penangkapan ikan secara besar-besaran oleh kapal-kapal asing di perairannya. Langkah ini mempengaruhi secara serius kemitraan dengan negara-negara lain, termasuk China.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG