Tautan-tautan Akses

China Adili Mantan Menteri Urusan Kereta Api


Mantan Menteri urusan Kereta Api China, Liu Zhijun, hadir dalam sidang terkait kasus suap dan penyalahgunaan wewenang di sebuah pengadilan di Beijing, China (9/6).

Mantan Menteri urusan Kereta Api China, Liu Zhijun, hadir dalam sidang terkait kasus suap dan penyalahgunaan wewenang di sebuah pengadilan di Beijing, China (9/6).

Mantan menteri urusan kereta api China, Liu Zhijun, diadili karena tuduhan penyalahgunaan wewenang dan kasus suap, Minggu (9/6).

Kantor berita resmi China – Xinhua melaporkan mantan menteri Liu Zhijun diadili di Beijing hari Minggu (9/6). Sidang yang berlangsung singkat itu tidak menjelaskan lebih rinci selain mengatakan bahwa vonis akan ditetapkan Minggu sore.

Liu dipecat dari jabatannya pada tahun 2011 karena “pelanggaran disiplin yang luar biasa”. Media lokal sebelumnya menuduh Liu melakukan penyuapan besar-besaran dan memberi kontrak secara ilegal kepada teman-teman dekatnya.

Liu memimpin perluasan jaringan kereta api cepat China yang kini merupakan yang terbesar di dunia. Proyek yang sangat mahal itu telah dibebani oleh masalah utang dan dikecam karena mengorbankan keselamatan demi alasan kecepatan.

Kecaman terhadap jaringan kereta api itu memuncak setelah dua kereta api super cepat bertabrakan di kota Wenzhou pada tahun 2011, dan menewaskan 40 orang.

Bulan lalu, China mengatakan telah melucuti dan memisahkan tugas kementerian perkeretaapian yang sedang menghadapi tuduhan korupsi dan membebani proyek itu dengan hutang yang sangat besar.

Presiden China Xi Jinping mengatakan memberantas korupsi merupakan prioritas utama pemerintahannya.
XS
SM
MD
LG