Tautan-tautan Akses

Chili Selenggarakan Pemilihan Presiden Putaran Kedua


Mantan Presiden Chili Michelle Bachelet menunjukkan surat suaranya di salah satu TPS di Santiago (17/11).

Mantan Presiden Chili Michelle Bachelet menunjukkan surat suaranya di salah satu TPS di Santiago (17/11).

Mantan Presiden Chili Michelle Bachelet memperoleh hampir 47 persen suara, sedang saingan terdekatnya Evelyn Matthei yang koservatif memperoleh 25 persen dalam pemilihan presiden Chili hari Minggu (17/11).

Mantan Presiden Chili Michelle Bachelet memenangkan hampir dua kali lipat suara yang diperoleh saingan terdekatnya dalam pemilihan presiden Chili hari Minggu, tetapi perolehan suaranya tidak mencapai mayoritas yang dibutuhkan untuk menghindarkan pemilihan babak kedua tanggal 15 Desember.

Sosialis moderat itu memperoleh hampir 47 persen suara, sedang saingan terdekatnya Evelyn Matthei yang koservatif memperoleh 25 persen.

Bachelet mengakhiri masa jabatan kepresidenannya dengan dukungan rakyat 84 persen pada tahun 2010. Chili mengizinkan presiden memperoleh lebih dari satu masa jabatan, tetapi tidak boleh berturut-turut.

Bachelet didukung oleh koalisi sosialisnya, Mayoritas Baru, Kristen Demokrat dan komunis.

Dia telah berjanji untuk memperkecil kesenjangan pendapatan di negara itu dan mengubah undang-undang dasar yang telah diberlakukan sejak masa kediktatoran 17 tahun Augusto Pinochet.
XS
SM
MD
LG