Tautan-tautan Akses

AS

Kota Chicago Bersiap Hadapi Pemogokan Guru


Walikota Chicago Rahm Emanuel terlibat perselisihan sengit dengan serikat guru sekolah negeri akibat agenda reformasi pendidikan di Chicago (foto: dok).

Walikota Chicago Rahm Emanuel terlibat perselisihan sengit dengan serikat guru sekolah negeri akibat agenda reformasi pendidikan di Chicago (foto: dok).

Kota terbesar ketiga AS itu harus menghadapi kemungkinan pemogokan guru hari Senin, menuntut reformasi pendidikan yang berdampak nasional.

Perselisihan sengit antara serikat guru sekolah negeri dan Walikota Chicago Rahm Emanuel menyebabkan penduduk kota terbesar ketiga di Amerika itu harus menghadapi kemungkinan pemogokan guru hari Senin, menuntut reformasi pendidikan yang berdampak nasional.

Hampir 30 ribu guru sekolah negeri dan staf pendukung yang diwakili Persatuan Guru Chicago bertekad mogok mengajar mulai pukul 12:01 siang hari Senin jika tidak tercapai kata sepakat. Bila terjadi, itu akan menjadi pemogokan guru pertama di Chicago dalam 25 tahun.

Emanuel, mantan kepala staf Gedung Putih untuk Presiden Barack Obama dan salah seorang pembicara dalam Konvensi Nasional Demokrat minggu ini, menetapkan reformasi terhadap sekolah-sekolah negeri bermasalah di Chicago sebagai prioritas utama.

Awal tahun ini, ia memberlakukan jam sekolah lebih panjang, tetapi serikat guru menentang usul reformasi lain, termasuk evaluasi lebih ketat terhadap guru terkait nilai tes siswa dan memberi kebebasan kepada kepala sekolah dalam penerimaan guru.

Ketua Persatuan Guru Chicago Karen Lewis mengatakan perunding membuat sedikit kemajuan hari Jumat dan pembicaraan akan dilanjutkan Sabtu tengah hari. Persatuan Guru menuntut kenaikan gaji lebih dari 8 persen selama 4 tahun yang ditawarkan Chicago.
XS
SM
MD
LG