Tautan-tautan Akses

China Bantah Beijing dan Tokyo Rencanakan Pertemuan Puncak


Wamenlu Jepang Akitaka Saiki (Foto: dok).

Wamenlu Jepang Akitaka Saiki (Foto: dok).

Seorang pejabat pemerintah China membantah bahwa Beijing dan Tokyo merencanakan pembicaraan tingkat tinggi mengenai sengketa wilayah yang telah menegangkan hubungan antara kedua negara.

Pejabat pemerintah China yang tidak disebut namanya, memberitahu harian pemerintah China Daily setiap spekulasi Jepang mengenai pembicaraan terkait sengketa wilayah tidak benar dan direkayasa, yang didasarkan pada kebutuhan politik dalam negeri Jepang.

Seorang staf Perdana menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan hari Minggu, Abe dapat mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping dalam waktu dekat.

Tetapi, hari Selasa laporan China Daily mengatakan staf tadi, Isao Iijima, belum menghubungi pejabat pemerintah China terkait pembicaraan tersebut.

Bantahan China itu dikeluarkan sementara Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Akitaka Saiki menyelesaikan kunjungan dua hari di China.

Perdana Menteri Abe juga telah mengatakan ia berharap akan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan China mengenai sengketa wilayah itu, yang telah meretakkan hubungan China-Jepang dalam beberapa bulan ini.
XS
SM
MD
LG