Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Wapres Dick Cheney Bela Cara Interogasi CIA


Mantan Wapres AS Dick Cheney membela program interogasi CIA (foto: dok).

Mantan Wapres AS Dick Cheney membela program interogasi CIA (foto: dok).

Mantan Wapres AS Dick Cheney mengatakan, program interogasi CIA itu dirancang untuk memastikan serangan teror tidak terulang lagi.

Mantan wakil presiden AS Dick Cheney mengatakan Badan Intelijen Amerika (CIA) melakukan persis seperti yang diinginkan Gedung Putih dalam merancang sebuah program interogasi bagi tersangka teror menyusul serangan 11 September 2001.

Cheney mengatakan dalam sebuah wawancara televisi Fox News hari Rabu (10/12), program itu dirancang untuk menangkap mereka yang bertanggungjawab dan memastikan serangan seperti itu tidak terulang lagi.

Ia menegaskan CIA berhak mendapatkan banyak pujian dan bukan kecaman menyusul sebuah laporan Senat yang mengatakan interogasi keras yang digunakan melanggar batas hukum dan tidak menghasilkan informasi intelijen yang dapat ditindaklanjuti.

Cheney mengatakan, Rabu, mungkin memang ada beberapa masalah dengan program tersebut, namun para agen sangat berusaha menghindari penyiksaan. Ia juga bersikeras mengatakan, interogasi-interogasi tersebut menghasilkan informasi yang penting dalam usaha mencegah serangan-serangan lebih lanjut.

Laporan Senat itu merinci serangkaian tindakan pelanggaran yang dilakukan CIA terhadap para tersangka, yang jauh lebih brutal dari pernah diungkapkan sebelumnya. Metoda-metoda yang digunakan selama interogasi mencakup pemenjaraan di ruang sempit, larangan tidur, water boarding atau simulasi penenggelaman, mandi es, ancaman akan menyakiti keluarga dan rectal rehydration – memasukkan makanan melalui anus.

XS
SM
MD
LG