Tautan-tautan Akses

Chechnya Bantah Bantu Separatis Pro-Rusia di Ukraina


Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov membantah laporan bahwa tentara Chechnya membantu separatis pro-Rusia di Ukraina (foto: dok).

Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov membantah laporan bahwa tentara Chechnya membantu separatis pro-Rusia di Ukraina (foto: dok).

Pemimpin Chechnya Selasa (27/5) membantah telah mengirim tentaranya untuk membantu separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Pemimpin wilayah Chechnya-Rusia telah membantah mengirim tentara Chechnya untuk ikut berjuang bersama separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Ramzan Kadyrov mengeluarkan pernyataan itu lewat Instagram Selasa (27/5) yang secara "resmi" menyangkal klaim bahwa apa yang dikatakan "unit Chechnya" dari Rusia telah "menginvasi" Ukraina timur.

“Tidak ada ‘prajurit Chechnya’ khususnya 'konvoi militer Chechnya', yang mengambil bagian dalam konflik itu,” tulis Kadyrov.

Dia mengatakan Chechnya adalah wilayah Federasi Rusia yang berdasarkan konstitusi Rusia "tidak memiliki angkatan bersenjata." Dia menambahkan bahwa jika seorang warga Chechnya terlihat di zona konflik di Ukraina timur, "maka itu adalah bisnis pribadinya."

Financial Times Inggris melaporkan Selasa harian itu menemukan sekelompok orang bersenjata di Donetsk yang mengatakan mereka adalah bagian dari unit Chechnya yang telah melakukan perjalanan ke Ukraina untuk bertempur bersama separatis.
XS
SM
MD
LG