Tautan-tautan Akses

Chad Tarik Tentara dari Mali


Tentara Perancis dan Chad bergerak ke perbatasan Niger menuju wilayah Gao, Mali Utara (Foto: dok).

Tentara Perancis dan Chad bergerak ke perbatasan Niger menuju wilayah Gao, Mali Utara (Foto: dok).

Chad mulai menarik pasukannya dari Mali, menyelesaikan misi selama berbulan-bulan membantu melawan militan Islamis di bagian utara negara tersebut.

Presiden Chad Idriss Deby mengatakan pasukannya telah menyelesaikan misi mereka dan tidak dapat melakukan jenis perang gerilya yang sekarang muncul di Mali.

Setelah Perancis, tentara Chad yang berjumlah 2.000 itu adalah yang paling banyak yang dikirim oleh negara manapun untuk membantu pasukan Mali merebut kembali bagian utara negara itu. Perancis menarik 100 tentara pekan lalu dalam langkah pertama penarikannya yang dilakukan secara bertahap.

Tiga tentara Chad tewas dalam pemboman bunuh diri pekan lalu di Mali utara, sementara 13 lainnya tewas dalam pertempuran melawan militan bulan Februari.

Pasukan PBB yang berjumlah mencapai 11.000 tentara diperkirakan akan mengambil alih keamanan sementara usaha-usaha dilakukan untuk menstabilkan Mali dan menyelenggarakan pemilu baru.

Mali terjerumus ke dalam krisis tahun lalu ketika tentara menggulingkan pemerintah, yang memungkinkan para militan terkait al-Qaida mengambil-alih bagian utara negara itu.
XS
SM
MD
LG