Tautan-tautan Akses

CEO Olimpiade Rio Minta Dana Publik


CEO Olimpiade Rio Sidney Levy berbicara di Rio de Janeiro, Brazil (foto: dok).

CEO Olimpiade Rio Sidney Levy berbicara di Rio de Janeiro, Brazil (foto: dok).

CEO Olimpiade Rio hari Minggu (18/9) mengatakan anggaran operasional yang dibiayai swasta memerlukan dana publik sebesar hampir 30 juta dolar untuk memenuhi kewajibannya.

Sebelumnya, CEO Olimpiade Rio Sidney Levy telah berjanji bahwa hanya akan menggunakan dana swasta untuk membiayai Olimpiade. Namun, janjinya itu dilanggar lebih dari sebulan lalu ketika komite itu meminta dana talangan dari kota Rio de Janeiro dan pemerintahan federal Brazil untuk menyelenggarakan Paralimpiade.

Levy, berbicara pada hari terakhir Paralimpiade, mengatakan, “Kami berkomitmen mengadakan Olimpiade tanpa dana publik, tapi dalam perjalanan ada banyak kendala” yang tidak terduga. Anggaran operasional itu adalah untuk melaksanakan pertandingan saja, dan tidak termasuk pembangunan jalan dan stadion."

Diperkirakan, Rio menghabiskan antara 10-12 miliar dolar dalam bentuk dana publik dan swasta untuk menyiapkan kota. Sebagian besar dana swasta mengalir karena diiming-imingi konsesi pajak dan persayaratan dana pinjaman yang ringan dari pemerintah.

Levy, yang sejak awal berjanji untuk mengelola komite bebas korupsi, mengatakan angka akhir anggaran operasional itu adalah 2.8 juta dolar. Dia mengatakan kontribusi akhir pemerintah tidak akan melebihi satu persennya. [vm/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG