Tautan-tautan Akses

CEO Microsoft Steve Ballmer Berencana Pensiun Tahun Depan


Steve Ballmer, CEO Microsoft (Foto: dok).

Steve Ballmer, CEO Microsoft (Foto: dok).

Steve Ballmer, CEO Microsoft sejak tahun 2000, berencana untuk pensiun, Jumat (23/8).

Ballmer, usia 57 tahun, telah memimpin perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia itu sejak tahun 2000, ketika ia menggantikan pendiri Microsoft Bill Gates. Ballmer hari Jumat mengatakan "tidak pernah ada waktu yang tepat untuk transisi semacam ini, tetapi sekarang adalah waktu yang tepat."

Ia mengatakan Microsoft membutuhkan CEO baru selagi bertransisi memusatkan perhatian menuju penjualan perangkat teknologi dan jasa. Microsoft selama ini meraup untung sangat besar, tetapi menghadapi persaingan signifikan dalam pasar komputer tablet dan smartphone. Perusahaan itu kesulitan dalam era penurunan penjualan komputer pribadi yang sejak lama didukung perangkat lunak terkenal Microsoft, Windows.

Saham Microsoft naik lebih dari tujuh persen menanggapi berita pensiun Ballmer. Microsoft tidak menyebut nama penggantinya, dan Ballmer berencana tetap di perusahaan itu sampai ada penggantinya.

Ballmer dan Gates pertama kali bertemu tahun 1973 ketika sama-sama tinggal di asrama Harvard University. Ballmer bergabung dengan Microsoft tahun 1980, memimpin beberapa divisi selama 30 tahun terakhir dan menjadi salah seorang penasihat utama Gates sebelum akhirnya menggantikannya.

Bloomberg News memberitakan Ballmer adalah orang terkaya ke-47 di dunia, dengan kekayaan 16 milyar dolar.
XS
SM
MD
LG