Tautan-tautan Akses

CDC Amerika Aktifkan Sarana Darurat untuk Hadapi Wabah Ebola


Pimpinan CDC Dr. Thomas Frieden

Pimpinan CDC Dr. Thomas Frieden

Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Amerika, CDC, telah mengaktifkan pusat operasi darurat pada tingkat paling tinggi, sebagai tanggapan atas wabah Ebola yang paling buruk di dunia.

Pimpinan CDC Dr. Thomas Frieden mengatakan dalam sidang Kongres mengenai Ebola hari Kamis bahwa pusat tadi akan segera mendatangkan 50 pakar penyakit ke Afrika Barat di tengah krisis tersebut. Ia mengatakan ia yakin wabah besar tidak akan terjadi di Amerika.

Frieden mengatakan wabah itu terjadi di mana wabah belum pernah terjadi, akibatnya orang di sana tidak siap. Ia juga mengatakan pengawasan infeksi yang longgar dan cara pemakaman yang biasa di daerah itu turut menyebabkan wabah itu.

Departemen Luar Negeri Amerika memerintahkan keluarga-keluarga staff Kedutaan di Liberia agar kembali ke Amerika. Departemen Luar Negeri Amerika juga diperingatkan warga Amerika agar jangan pergi ke Liberia, mengulangi instruksi sebelumnya dari pihak berwenang Departemen Kesehatan Amerika.

Wabah Ebola sekarang ini berada pada laju yang akan menginfeksi lebih banyak orang daripada jumlah korban semua wabah virus lain.

XS
SM
MD
LG