Tautan-tautan Akses

'Catch Shares' Upayakan Penangkapan Ikan yang Berkesinambungan


Lebih dari seperempat perikanan dunia ditangkap secara berlebihan, menurut PBB. Banyak masyarakat di seluruh dunia yang bergantung pada laut untuk kehidupan mereka bergulat untuk menangani sumber daya ini.

Semakin banyak orang mengikuti program yang diberi nama “catch shares,” atau jatah penangkapan ikan yang bertujuan untuk membuat penangkapan ikan lebih berkesinambungan.

Dengan peraturan sebelumnya, contohnya, para pejabat memutuskan berapa banyak ikan bass garis-garis yang bisa ditangkap setiap tahunnya di Chesapeake Bay, sebuah muara yang terbentang di Samudera Atlantik dari Havre de Grace, Maryland, hingga Virginia Beach, Virginia.

"Ini lomba menangkap ikan," kata Rachel Dean, anggota keluarga penangkap ikan di teluk tersebut. "Tangkap semua yang Anda bisa dan berharap bisa mendapatkan keuntungan.”

Hal ini bisa berujung pada penangkapan ikan berlebihan, penangkapan ikan yang tidak aman dan merusak, dan masalah-masalah lain.

Tapi tahun lalu, pemerintah meluncurkan sistem "catch shares" untuk ikan bass garis-garis di Chesapeake. Dengan peraturan baru ini, setiap nelayan menerima batasan ikan yang boleh ditangkap.

"Para nelayan bebas menangkap ikan sejumlah yang ditetapkan di manapun tempat yang mereka pilih," kata Kelly Denit, yang mengawasi perikanan di U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration, atau NOAA. "Jadi mereka tidak lagi berlomba menangkap ikan.”

Tapi tentu ada pemenang dan pecundang di program baru ini.

“Ada beberapa nelayan yang baru menangkap ikan selama dua tahun," kata nelayan Chesapeake Larry Powley. "Mereka mendapat kuota lebih banyak daripada yang saya terima. Dan saya telah menangkap ikan selama 40 tahun."

Powley bisa membeli saham dari nelayan lain untuk tetap bisa berada di bisnis penangkapan ikan bass garis-garis, "tapi beberapa anak muda tidak mampu membeli kuota, akan tertinggal."

Dean mengatakan awalnya keluarganya juga khawatir.

"Kami tidak mendapatkan apa yang kami inginkan," katanya. "Tentu saja, semua orang menginginkan lebih ketika sesuatu harus dibagi seperti ini. Itu kekhawatiran utama kami. Tapi kami juga tahu ada keuntungan yang bisa kami ambil dari program ini."

Akhirnya, Dean suka dengan program tersebut, karena ia bisa menunggu sampai cuaca buruk dan masalah mesin berakhir dan menjual ketika harga ikan tinggi.

NOAA menyukai program baru ini karena program ini mencegah penangkapan ikan yang berlebihan dan bisa menaikkan pendapatan.

“Kalau dilihat 16 program yang kami miliki saat ini, saya rasa Anda bisa melihat dengan jelas bahwa program ini sukses," kata Denit.

Program jatah penangkapan ikan ini mungkin tidak bisa diterapkan di semua tempat, tapi para pembuat kebijakan di kawasan Chesapeake Bay mengatakan ini cara terbaik untuk membantu industri perikanan ini.

XS
SM
MD
LG