Tautan-tautan Akses

AS Lestarikan Rekaman Penting dalam Catatan Rekaman Nasional


Perpustakaan Kongres Amerika (Library of Congress), bisa diakses lewat internet di www.LOC.gov

Perpustakaan Kongres Amerika (Library of Congress), bisa diakses lewat internet di www.LOC.gov

Setiap tahun Perpustakaan Kongres AS memilih 25 lagu yang dinilai penting untuk dimasukkan ke Catatan Rekaman Nasional.

Setiap tahun Perpustakaan Kongres Amerika memilih 25 lagu yang usianya paling sedikit 10 tahun serta berdasarkan pertimbangan dari segi budaya, sejarah atau estetika penting untuk dimasukkan ke Catatan Rekaman Nasional.

Profesor Longhair adalah tokoh penting dari dunia musik New Orleans dan selama puluhan tahun gaya memainkan pianonya telah mempengaruhi banyak musisi lainnya. Rekaman “Tipitina” dari Longhair tahun 1953 itu baru saja masuk Catatan Rekaman Nasional bersama dengan beberapa rekaman suara pertama dari abad ke-19.

Yang juga dimasukkan tahun ini adalah lagu country yang menjadi hit tahun 1968 namun tidak disukai kelompok feminin. Mereka marah dengan pesan “Stand By Your Man,” atau ”Pertahankan Pasangan Lelaki Anda” yang dikeluarkan ketika gerakan feminin sedang meningkat di Amerika.

Perpustakaan Kongres mendeskripsikan lagu itu merupakan sindiran terhadap kelemahan lelaki, kekuatan perempuan, cinta, kesetiaan dan dukungan.” Bagaimanapun perasaan anda mengenai pesan lagu yang dibawakan Tammy Wynette ini, tak bisa disangkal ini benar-benar musik country klasik Amerika.

Catatan Rekaman Nasional itu adalah hasil dari UU Pelestarian Rekaman Nasional tahun 2000 yang bertujuan membangun sebuah program nasional untuk melestarikan warisan rekaman suara Amerika. Lagu-lagu dipilih setiap tahun ke Catatan Rekaman Nasional itu karena makna budayanya.

Tidak semuanya berupa lagu, daftar tahun ini termasuk suara yang direproduksi pertama kali dan disebut,”phonoautograms,” termasuk juga khutbah tahun 1953 yang disampaikan oleh pendeta C.L. Franklin ayah Aretha Franklin. Jauh sebelum putrinya menjadi terkenal, ayahnya adalah bintang rekaman terkenal. Pendeta Franklin adalah satu diantara pendeta-pendeta yang pertama kali merekam khutbahnya dan menjualnya. Yang juga masuk ke dalam daftar tahun ini adalah bagian dari sejarah VOA

Dari tahun 1954 hingga kematiannya tahun 1996. Willis Conover membawakan program jazz VOA, menyiarkan musik itu ke negara-negara dimana jazz terkadang dilarang. Wawancaranya pada tahun 1956 dengan para musisi termasuk Duke Ellington, Billie Holiday, Stan Getz dan lainnya sekarang ini menjadi bagian dari Daftar Catatan Nasional Perpustakaan Kongres Amerika. Menurut pejabat Perpustakaan Kongres, rekaman wawancara itu penting karena menguraikan pemikiran artis jazz terkenal.

Seleksi untuk Catatan Rekaman Nasional tahun ini meliputi seluruh spektrum musik. Termasuk rekaman The Boswell Sisters tahun 1931 dan The Dorsey Brothers Orchestra termasuk lagu-lagu unggulan the Boswell, gabungan musik jazz-pop dan rock dari Steely Dan’s berjudul,”Aja,” komedi dari Mort Sahl, dan rekaman lagu kebangsaan Amerika yang direkam tahun 1908.

Paduan suara menyanyikan”Take Me Out To The Ballgame” paling sering didengar, tetapi versi yang dimasukkan kedalam Catatan Rekaman Nasional adalah versi yang menceritakan mengenai perempuan muda penggemar baseball yang lebih senang pergi ke lapangan baseball daripada ke teater.

Yang juga masuk ke dalam daftar tahun ini yaitu musik soul klasik Al Green berjudul “Let’s Stay Together.” Anda dapat menemukan daftar lengkap yang masuk ke dalam Catatan Rekaman Nasional, dan alasan dibalik pemilihannya dengan mengunjungi Perpustakaan Nasional di situs internet LOC.Gov atau L-O-C-dot-G-O-V.

XS
SM
MD
LG