Tautan-tautan Akses

Catatan dari Festival SXSW Austin, Texas

  • Greg Flakus

Penyanyi Hip Hop Ludacris ikut memeriahkan panggung Doritos #BlodStage dalam Festival "South by Southwest" di Austin, Texas, 15 Maret 2014.

Penyanyi Hip Hop Ludacris ikut memeriahkan panggung Doritos #BlodStage dalam Festival "South by Southwest" di Austin, Texas, 15 Maret 2014.

Banyak dari film independen yang ditayangkan dalam festival "South by Southwest" tidak didistribusikan melalui bioskop, tapi banyak diantaranya yang akan tersedia online.

Festival "South by Southwest" (SXSW) di Austin, Texas, berakhir hari Minggu (16/3) dengan penayangan film dan pertunjukkan musik. Ini merupakan ajang yang penting bagi sineas independen di seluruh dunia yang ingin merebut perhatian penonton serta ingin filmnya jadi pembicaraan di festival itu dan dimana saja.

Sebagian besar film independen yang diputar dalam festival ini adalah produksi berbiaya rendah tanpa bintang terkenal dan tanpa modal untuk mempromosikan film itu.

Kritikus film veteran Leonard Maltin menghadiri festival ini guna mencari film yang paling bagus. “Film-film indie memiliki tantangan agar dikenal, membangun reputasi, menginspirasi masyarakat supaya mau menonton filmnya dan itulah tujuan festival ini,” kata Maltin.


Marlon Johnson adalah salah seorang produser dan sutradara film dokumenter berjudul "Deep City, the Birth of the Miami Sound". Dia datang ke festival South by Southwest untuk mempromosikan filmnya dan dirinya sendiri. “Kami ingin menunjukkan karya kami, tapi kami juga harus ingat, kami perlu memasarkan diri sendiri untuk proyek-proyek di masa depan,” ujar Marlon Johnson.

Banyak dari film independen yang ditayangkan di festival "South by Southwest" tidak akan didistribusikan di bioskop, tapi banyak diantaranya yang akan tersedia online. Perusahaan Netflix, Hulu dan Vimeo hanyalah beberapa situs yang kini memutar film secara online.

“Kami akan mendukung film-filmnya dan mendukung tur-nya, jadi kini tinggal memikirkan bagaimana menciptakan model bisnis baru dan bagaimana meraih minat dari penonton,” kata Jeremy Boxer dari Vimeo. Perusahaannya telah menyediakan dana sepuluh juta dolar bagi para sineas independen dan sedang mensponsori tur sineas tersebut.

Menurut Leonard Maltin, seorang kritikus film, Pay-for-view atau membayar-untuk-menonton baik secara online atau lewat perusahaan-perusahaan TV kabel, menawarkan fasilitas penting bagi sineas maupun penonton.

“Fitur video on demand menghadirkan banyak film ke orang-orang yang di lingkungannya tidak memiliki bioskop atau teater seni. Meskipun saya dan para sineas lebih senang menonton film di bioskop, saya rasa itu merupakan pilihan kedua yang sangat baik,” jelas Leonard Martin.

Dan resensi yang bagus dari kritikus dan penggemar film di festival South by Southwest ini bisa membuat film-film independen itu terkenal secara online.
XS
SM
MD
LG