Tautan-tautan Akses

AS

Casey Kasem, Penyiar 'American Top 40', Meninggal Dunia Pada Usia 82


Casey Kasem saat menerima penghargaan Radio Icon dalam The 2003 Radio Music Awards di Las Vegas. (Foto: Dok)

Casey Kasem saat menerima penghargaan Radio Icon dalam The 2003 Radio Music Awards di Las Vegas. (Foto: Dok)

Dalam tahun-tahun terakhirnya, Kasem terjepit antara perseteruan tiga anaknya dan istri keduanya, mantan aktris Jean Kasem, tentang hak perawatan atas dirinya.

Casey Kasem, pembawa acara radio terkemuka di AS dengan suara khas yang membawakan acara tangga lagu mingguan dan juga mengisi suara Shaggy dalam kartun "Scooby Doo'', meninggal dunia Minggu (15/6). Ia berusia 82 tahun.

Dalam tahun-tahun terakhirnya, Kasem terjepit antara perseteruan tiga anaknya dan istri keduanya, mantan aktris Jean Kasem yang berusia 34, tentang hak perawatan atas dirinya.

Pada 2013, anak-anaknya mengajukan gugatan untuk mendapatkan hak perawatan atas dirinya, dengan mengatakan bahwa Casey Kasem telah menderita karena penyakit Parkinson stadium lanjut dan bahwa istrinya mengucilkannya dari keluarga dan kawan.

Ia juga menderita Lewy Body Disease, yaitu sejenis demensia.

Anak-anaknya kemudian mendapatkan hak tersebut dan ia dirawat di sebuah rumah sakit di Washington.

Casey bernama asli Kemal Amin Kasem dan lahir pada 1932 di Detroit sebagai anak dari imigran Lebanon. Ia aktif mendorong pemahaman yang lebih besar untuk warga Amerika keturunan Arab, baik dalam isu politik maupun seni dan media.

Casey Kasem memulai karir di bidang penyiaran di klub radio di SMA Northwestern di Detroit dan kemudian menjadi penyiar radio WJBK di kota yang sama.

Saat ditanya mengapa ia mengganti namanya, ia mengatakan "nama (asli) saya tidak terdengar seperti penyiar atau deejay. Kurang keren."

Ia barangkali paling dikenal karena acaranya “American Top 40,” yang dimulai pada 4 Juli 1970 di Los Angeles sampai ia pensiun total pada 2009.

Pada puncaknya, acara Kasem didengar di lebih dari 1.000 stasiun radio, termasuk Radio Pasukan Bersenjata, di sekitar 50 negara.

"Saya menyorot hal-hal positif dan menghilangkan hal negatif. Itu hal yang abadi," ujar Kasem pada The New York Times pada 1990.
XS
SM
MD
LG