Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Wamenhan AS Calon Kuat Gantikan Menhan Hagel


Ashton Carter, mantan wakil menteri pertahanan Amerika (foto: dok).

Ashton Carter, mantan wakil menteri pertahanan Amerika (foto: dok).

Ashton Carter termasuk dalam daftar nama yang dipertimbangkan Presiden Barack Obama untuk menggantikan Menteri Pertahanan Chuck Hagel.

Ashton Carter, mantan wakil menteri pertahanan Amerika, muncul sebagai salah satu calon utama untuk menggantikan Menteri Pertahanan Chuck Hagel yang baru-baru ini mengundurkan diri.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest hari Selasa (2/12) mengatakan belum ada pengumuman resmi, tetapi menyebutkan sejumlah kualifikasi Carter dan mengatakan Carter termasuk dalam daftar orang yang dipertimbangkan Presiden Barack Obama untuk jabatan tersebut.

Earnest mengatakan Carter didukung dengan suara bulat oleh Senat Amerika ketika menjadi wakil menteri pertahanan – sebuah pertimbangan penting di Washington yang terpecah secara politik.

Carter, usia 60 tahun, adalah seorang pakar fisika dengan pengalaman panjang di bidang keamanan nasional Amerika. Di Pentagon, Carter pernah memimpin divisi pembelian senjata tetapi Presiden Obama memilih Hagel, yang bekas anggota Senat, untuk menjadi menteri pertahanan hampir dua tahun lalu.

Carter menjadi wakil Hagel dan pendahulunya, Leon Panetta. Sebagai wakil Hagel hingga diganti setahun lalu, ia memantau anggaran sebesar 600 miliar dollar dan membawahi 2,4 juta pegawai sipil dan militer.

Carter tidak pernah berperang sebagai tentara, tetapi para pakar mengatakan ia memiliki pengetahuan luas tentang persenjataan canggih.

XS
SM
MD
LG