Tautan-tautan Akses

Carstens Pertanyakan Konflik Kepentingan Bila Orang Eropa Pimpin IMF


Gubernur bank sentral Meksiko dan kandidat Kepala IMF, Agustin Carstens

Gubernur bank sentral Meksiko dan kandidat Kepala IMF, Agustin Carstens

Kandidat Kepala IMF asal Meksiko, Agustin Carstens mengatakan, pemimpin IMF sebaiknya jangan orang yang berasal dari Eropa.

Gubernur bank sentral Meksiko Agustin Carstens mengatakan pemimpin berikutnya dari Dana Moneter Internasional jangan orang yang berasal dari Eropa karena negara-negara di benua itu meminjam besar-besaran dari lembaga peminjam tersebut.

Carstens, yang merupakan kandidat untuk jabatan teras itu, membuat komentar Senin selama pidato di Petersen Institute of International Economics di Washington DC.

Carstens juga mengatakan Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde, seorang pesaing untuk jabatan itu, punya konflik kepentingan karena peminjaman besar-besaran oleh anggota Uni Eropa seperti Yunani, Irlandia dan Portugal yang saat ini sedang dilanda kesulitan ekonomi.

Carstens juga bertemu dengan Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner. Seorang pejabat Kementerian Keuangan Amerika mengatakan Geithner menyelenggarakan “diskusi yang baik” dengan Carstens, tetapi Amerika tidak mendukung salah satu kandidat untuk pos di IMF itu.

IMF diperkirakan akan mengumumkan kandidat untuk pos itu pada 17 Juni. Pemilihan akhir akan dilakukan pada 30 Juni.

Hari Minggu, Christine Lagarde memperoleh dukungan bagi pos IMF itu dari Mesir, Indonesia dan Uni Emirat Arab.

XS
SM
MD
LG