Tautan-tautan Akses

Berbagai Cara Mudah Atasi Flu

  • Barbara Klein

Sampai saat ini belum ada obat yang betul-betul manjur untuk mengobati flu.

Sampai saat ini belum ada obat yang betul-betul manjur untuk mengobati flu.

Sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar manjur untuk mengobati flu, tetapi ada cara-cara mudah untuk mengatasinya.

Apakah jika kita kedinginan bisa terkena flu? Apakah minum susu tidak baik ketika kita sedang flu? Apakah sup ayam dapat menyembuhkan flu?

Ranit Mishori, dokter keluarga pada Rumah Sakit Pusat Universitas Georgetown di Washington, mengatakan flu adalah penyakit biasa selama musim dingin, tetapi penyakit ini bukan disebabkan oleh suhu dingin. Udara dingin membuat orang lebih banyak tinggal di dalam ruangan. “Orang cenderung berkumpul dan melalui cara itu, virus flu ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui bersalaman, bersin, atau batuk,” ujarnya.

Orang dewasa biasanya terkena flu dua sampai tiga kali setahun. Anak-anak cenderung terkena flu empat sampai lima kali. Dokter Mishori mengatakan banyak orang yakin bisa kebal terhadap flu. Lebih lanjut ia mengatakan, “Ada sekitar 200 jenis virus penyebab flu. Banyak orang mengira jika kita sudah tertular flu satu kali, badan kita menjadi kebal terhadap flu. Itu pendapat yang salah.”

Sampai saat ini belum ditemukan obat flu yang umum. Namun, Dokter Mishori mengatakan ada cara untuk mengatasinya. “Jika ada gejala akan terkena flu, minum 2 gram vitamin C sehari, sehingga bisa mempercepat penyembuhan,” katanya.

Minum madu juga membantu, tambahnya. Dokter Mishori mengatakan bahwa madu nampaknya manjur bagi anak-anak yang terkena flu, tetapi tidak untuk bayi di bawah usia setahun.

Banyak orang yakin bahwa flu bisa diobati dengan makan sup ayam. Dokter Mishori mengatakan, “Sup ayam punya zat anti-radang, jadi bisa mengurangi lamanya flu dan membantu membersihkan ingus.”

Bagaimana dengan minum susu selama terkena flu? Dokter Mishori mengatakan, “Produk-produk susu bisa mengentalkan ingus. Mungkin ketidaknyamanan ini meningkat jika kita minum susu. Tapi, jika yang terkena flu adalah bayi, jangan berhenti memberikan susu.”

XS
SM
MD
LG